Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Way Kanan, Edward Antony : Gerakan Pramuka Tetap Konsisten dan Fokus Mendidik Karakter Muda Sebagai Pemersatu NKRI

authorAdministrator date18 September 2018 comments479 Dilihat

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, DR. H. Edward Antony, M.M memimpin Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Banjit Tahun 2018 di Lapangan Kampung Menanga Siamang Kecamatan Banjit, Selasa (18/09/2018).

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Kabupaten, Edward Antony menyampaikan bahwa dalam konteks Indonesia, Gerakan Pramuka menjadi rumah kita bersama dan itulah yang juga menjadi harapan bangsa ini kepada Gerakan Pramuka. Sekat-sekat kamar telag diisi oleh partai politik dan kamar lainnya mungkin telah diisi pula oleh suku-suku yang ada di Indonesia dan golongan atau kelompok lainnya.

“Dengan mengangkat tema Pramuka Perekat NKRI pada peringatan Hari Pramuka Ke-57 ini, tentu yang dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah. Hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI”, ujar Ketua Kwarcab, Edward Antony.

Selanjutnya, Ketua Kwarcab Way Kanan yang juga merupakan Wakil Bupati Way Kanan juga mengatakan bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

“Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital desawa ini. Pramuka Baru harus keren, gembira, asyik dan menyenangkan. Tantangan bagi para Pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka”, lanjut Katua Kwarcab Way Kanan, Edward Antony.

Begitu pula para pelatih, masih lanjut Ketua Kwarcab kelahiran Muara Enim 8 Oktober 1960 itu, juga harus belajar terus menerus untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan bagi para Pembina Pramuka.

“Pada kesempatan ini, Saya juga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telag banyak membantu memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Way Kanan. Juga kepada Bapak Gubernur Lampung, Bapak Bupati Way Kanan, Komandan Kodim 0427, Komandan Skadron 12/Serbu, Komandan Lanudad Gatot Subroto, Kapolres, Kantor Kementerian Agama dan pihak-pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu”, tutur Ketua Kwarcab Way Kanan, Edward Antony.

Diketahui, pada tanggal 27 sampai dengan tanggal 29 Agustus 2018 yang lalu, Kabupaten Way Kanan telah menjadi tuan rumah Peringatan Hari Pramuka ke–57 Tingkat Daerah Lampung yang merupakan even besar bagi Kabupaten Way Kanan, dimana banyak hal yang berbeda dilakukan dalam hal penyelenggaraan dan kegiatan, rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari perkemahan besar, kirab panji Gerakan Pramuka dari Bandar Lampung–Way Kanan, pengenalan kedirgantaraan di Skadron Serbu-12, Penjelajahan (amazing race), ODF, Donor Darah dan pertunjukan tari kolosal Radin Jambat serta kegiatan lainya, melibatkan ± 2.500 Peserta, dan panitia lintas kwartir ranting tentu hal itu menujukan bahwa Gerakan Pramuka Way Kanan mampu bersaing dengan Kwartir Cabang yang lain, hal ini tidak lepas dari dukungan semua pihak yang telah berperan dalam kesuksesan kegiatan tersebut.

 

 

Tag :