Kadis Kominfo, Achmad Gantha Ikuti Bimtek Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking

23 Juni 2022 | Administrator | 175 Dilihat

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan, Drs. H. Achmad Gantha, L’Ng.,M.M dan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Publik, Nazairi, S.Sos.,M.IP mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking, Bimtek Pembinaan Jabatan Fungsional Pratana Humas dan Pengelolaan Media Sosial Pemerintah, Kamis (23/06/2022) yang diselenggarakan secara virtual dan disiarkan langsung dari The Stones Hotel, Banjar Legian Kelod, Bali serta dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Usman Kansong.

Pada Bimtek Virtual tersebut, Dirjen IKP, Usman Kansong dalam sambutannya mengatakan bahwa pada Era Teknologi Informasi yang berkembang saat ini, media memiliki peran penting dalam mewujudkan sebuah Negara Demokratis menjadi salah satu instrument demokrasi. Media juga berperan memberikan informasi kepada masyarakat. Dimana dengan informasi yang diperolehnya, masyarakat diharapkan akan terdorong untuk secara aktif mengekspresikan ide gagasan dan opininya dalam mendukung pembangunan baik di Pusat maupun Daerah.

 

Dalam Bimtek Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking, memberikan pemahaman terkait bagaimana menjalin hubungan yang baik denngan media sebagai bentuk simbolis menjaga kualitas demokrasi. Pranata Humas juga perlu menyampaikan pesan-pesan positif dan prestasi kerja Pemerintah dengan cara efektif melalui media sosial, media massa, maupun interaksi langsung dengan publik seputar tugas keseharian Pemerintah. Dirjen IKP juga mengajak seluruh peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk menggaungkan G20 Indonesia terutama bagi humas di Pemerintah Daerah, serta kepada seluruh peserta Bimtek untuk berpartisipasi dengan sumber daya yang dimiliki.

Sementara dalam Bimtek Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas, Tips dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas, dihadirkan tiga orang narasumber yang terdiri dari Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Hasyim Gautama, Sub Koordinator Pengembangan Kompetensi dan Karier Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Kementerian Kominfo yang menyampaikan paparan mengenai Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Uji Iompetensi, Asriani Sri Wahyuni serta Pranata Humas Ahli Madya Badan Riset dan Inovasi Nasional, Suzan Lesmana yang menyampaikan Tips dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas.

 

Diketahui, pada Bimtek tersebut dihadiri oleh Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Pubik, Hasyim Gautama, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali, I Dewa Putu Sunartha, pada Bimtek tersebut terdapat tiga kegiatan pokok yaitu Bimtek Pelaksanaan Kebijakan Sub-Urusan Informasi dan Komunikasi Publik : Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking, Bimtek Jabatan Fungsional Pranata Humas Tips dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas, serta Bimtek Pengelolaan Media Sosial Pemerintah Monitoring Isu dan Strategi Optimalisasi Diseminasi Informasi Melalui Media Sosial.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Diskominfo WK