Logo
images

Wabup Ali Rahman Hadiri Pengukuhan Karang Taruna Kecamatan Way Tuba

Atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terlaksanayan kegiatan ini, karena Karang Taruna sebagai organisasi besar memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif, dengan demikian, Karang Taruna harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan sosial, sesuai dengan tema pada kegiatan ini, yakni “Tansformasi Karang Taruna Menuju Kemandirian dan Berwawasan Kearifan Lokal”

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Drs. Ali Rahman, M.T dalam sambutannya pada Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Way Tuba, Kamis (16/12/2021) di Aula Kecamatan Way Tuba yang turut dihadiri oleh Dinas Sosial, Pimpinan Kecamatan Way Tuba, Forkopimcam dan jajaran Pengurus serta anggota Karang Taruna Kabupaten Way Kanan dan Kecamatan Way Tuba.

 

“Perlu dipahami, sesuai dengnan Permensos No. 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk generasi muda yang berorientasi pada terciptanya kesejahteraan sosial bagi masyarakat, maka Karang Taruna harus dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, yakni harus mampu menunjukkan beberapa fungsinya sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda, dan senantiasa bersinergi serta sekaligus menjadi mitra Pemerintah Daerah, dalam hal peningkatan pemberdayaan potensi pemuda”, ujar Wabup Ali Rahman.

Selanjutnya, Pemerintah menyadari, tanpa andil dari masyarakat, termasuk andil dan peran dari Karang Taruna, maka mustahil permasalahan sosial dapat kita tangani dengan baik dan optimal. Karena itu, seluruh potensi dan SDM kaum muda harus bersatu padu berbuat yang terbaik, serta mampu mengikuti kecepatan derasnya arus perubahan zaman. Karena sekarang ini bukan lagi persoalan “Negara Besar" menguasai “Negara Kecil”, tetapi “Negara Cepat” menguasai “Negara Lambat”. Terlebih ditengah keterpurukan dunia akibat pandemi Covid-19 ini, maka sangat diperlukan kecepatan, ketepatan dan kepekaan dalam menangkap sebuah peluang, untuk itu saya berharap kepada Karang Taruna agar tidak terjebak dengan hal-hal yang sifatnya serimonial saja, melainkan harus bergerak maju ke arah yang lebih produktif dan inovatif, berani untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

 

“Saya berpesan kepada pengurus Karang Taruna yang baru dikukuhkan, harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian, maupun pertanian, mari kita bekerja sama, bergandengan tangan untuk bersama-sama mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Way Kanan, yaitu menjadikan masyarakat Kabupaten Way Kanan Unggul dan Sejahtera”, tuturnya.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Ari / Dok. Pim


TAG

Tinggalkan Komentar