Puncak HPN 2021 Dan HUT PWI Ke-75, RAS Kembali Raih Anugerah Tjindarboemi

authorAdministrator date09 Februari 2021 comments65 Dilihat

Selama musim Pandemi covid-19, media telah banyak berperan mengedukasi kesadaran masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan, termasuk menyampaikan hal yang benar terkait vaksin dan juga memerangi berita-berita hoax di tengah Pandemi. Meskipun untuk mendapatkan informasi, para Wartawan dihadapkan dengan keselamatan jiwa dan terkena dampak ekonomi akibat Covid-19, namun tidak mengendorkan semangat para Insan Pers untuk menjalankan profesinya.

“Semoga para Wartawan dengan segala keterbatasan dimusim Pandemi saat ini, khususnya yang bertugas di Kabupaten Way Kanan tetap professional, bermartabat dan beradab serta terpenuhi hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar, selain itu juga senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan sekaligus tidak mengurangi tingkat ketaatan wartawan pada Kode Etik Jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan”, ujar Bupati Raden Adipati Surya, S.H.,M.M pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 dan HUT PWI Ke-75 Tingkat Kabupaten Way Kanan di Ruang Rapat Utama Pemkab setempat, Selasa (09/02/2021).

 

Selanjutnya, Bupati yang kembali meraih Penghargaan Augerah Tjindarboemi Kategori Kepala Daerah Peduli Sanitasi dari Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Lampung pada Peingatan HPN 2021 itu juga mengatakan bahwa sebagai salah satu organisasi wartawan, PWI hendaknya senantiasa mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan sehingga mereka memahami tentang aturan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, untuk kemudian dapat menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik.

“Eksistensi PWI Way Kanan harus diupayakan sebagai perekat dan pemersatu Insan Pers, mengingat media dan insan pers merupakan mitra Pemerintah dan sebagai modal dalam membangun Kabupaten Way Kanan, karena hal tersebut sejalan dengan Pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat”, lanjut Bupati Adipati yang juga berharap sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan Pemerintah Daerah, mengingat dari budaya sumbang saran tersebut diharapkan mampu terus ditumbuhkembangkan secara santun dan bijak demi asa kita bersama membangun Kabupaten tercinta ini.

 

Ditempat yang sama, Ketua PWI Way Kanan, Novita Sari, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa sebagai rangkaian Peringatan HPN Tahun 2021 dan HUT PWI Ke-75, PWI Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan Upacara Seremonial Peringatan Puncak HPN dan HUT PWI Ke-75 secara Virtual yang dihadiri langsung oleh Presiden Ir. Joko Widodo dan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, dilanjutkan dengan Sunatan Massal dan Pemberian Bantuan Sembako.

“Dalam Acara Sunatan Massal besok akan dilaksanakan di Sekretarist PWI Way Kanan dengan peserta 50 Anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin serta Pembagian Bantuan Paket Sembako sebanyak 250 Paket kepada masyarakat kurang mampu dan anak Yatim pada Tanggal 11 Februari 2021 mendatang. Berkat bantuan dan dukungan serta support dari Bupati Way Kanan, Polres dan mitra PWI lain sehingga taraget 200 paket sembako dapat meningkat menjadi 250 paket sembako”, ujar Ketua PWI Novita Sari.

 

Selanjutnya, Ketua PWI yang juga merupakan Kepala Biro Media Harian Momentum itu juga menjelaskan bahwa pelaksanaan pembagian Paket Sembako akan dilaksanakan di Sekretariat PWI kepada 20 penerima, dengan sisanya akan diberikan secara door to door dengan data penerima telah berkoordinasi dengan Aparatur Kampung dan Kelurahan di 15 Kecamatan Kabupaten ini.

“Kita berharap dengan dilaksanakannya HPN 2021 ini dengan kegiatan Sunatan Massal dan Pembagian Paket Sembako dapat sedikit meringankan beban masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19 saat ini. Saya atas nama Ketua dan Pengurus PWI Way Kanan juga mengucakan terima kasih kepada Bupati Way Kanan beserta jajaran dan semua pihak mitra PWI yang telah membantu kelancaran Kegiatan HPN 2021 dan HUT PWI Ke-75 ini. Semoga sinergitas dapat terus terjalin dengan baik guna membangun Bumi Ramik Ragom kita tercinta”, tutup Ketua PWI Novita Sari pada acara yang juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Achmad Gantha, L’Ng.,M.M, Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto, S.KM.,M.Kes dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Mustafa Firdaus Amrullah, S.E.,M.M.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dicy / Dok. Pim

Tag :